Panduan Belajar SEO

SEO (Search Engine Optimization)sudah menjadi kata yang tidak asing lagi bagi para blogger yang sedang menimba pengetahuan seputar bisnis online.

Tips-tips SEO Gratis yang bisa didapatkan dengan mudah serta gampang ... menjadikan percepatan kemampuan. Jurus-jurus SEO serta Teknik SEO dengan berbagai jenisnya banyak dibahas oleh pakar seo maupun konsultan seo.

Bahkan saya yang baru belajar seo juga ikut keranjingan membahas jurus SEO, trik seo, tips seo dan teknik-teknik seo. Dari tips seo paling sederhana untuk menembak kata kunci andalan berada dan ter index di search engine google (mesin pencari paling populer) serta bisa berada pada posisi puncak atau halaman-halaman awal mesin pencari (search engine) tersebut. Sampai dengan yang paling rumit.

Berikut adalah cara-cara belajar SEO:
1. Belajar ==> Belajar salah satu kata yang sangat sakral dalam kehidupan, hubungannya dengan Search Engine Optimization sangat erat, yang paling penting adalah belajar menganalisa, walaupun anda tidak mempunyai panduan namun anda bisa memperoleh referensi dari berbagai sumber yang anda temukan di dunia maya ini, cobalah luangkan waktu anda untuk menganalisa blog/web yang sudah teroptimisasi dengan baik, saya sering melakukan analisa ini, khususnya jika sedang mengikuti kontes seo, amati dan analisa saingan anda, lihat dari mana dia mendapatkan backlink dan bagaimana cara mereka membuat suatu artikel, saya lebih suka menganalisa blog yang urutannya paling atas dalam Search Engine.

2. Praktek ==> Sesudah anda menganalisa suatu blog, apa yang anda dapatkan dari blog tersebut? praktekan, salah itu biasa dalam belajar, jangan takut blog blog anda di banned atau di jiplak karena itu semua adalah resiko yang harus anda tanggung, ini juga yang menjadi masalah bagi sebagaian orang, takut di banned atau di jiplak oleh orang lain, memang saya juga merasakannya tapi itulah yang harus dihadapi, kalo anda tidak mempraktekan analisa tadi, saya yakin anda akan berjalan ditempat, buang-buang waktu, pikiran, dan tenaga, so jangan takut semua masalah ada solusinya.

3. Fokus ==> Belajar seo butuh konsentrasi yang lebih, karena seo itu berubah-ubah tidak menentu dan tidak bisa diprediksikan, so kalo ada yang bisa memprediksikan seo saya sangat salut dengan orang tersebut, atas dasar apa dia bisa meprediksikan seo? mungkin yang paling tepat adalah menganalisa bukan memprediksikan, etiap pekerjaan jika dikerjakan dengan rasa senang dan fokus saya yakin pekerjaan itu akan berhasil seperti apa yang diharapkan, so fokus adalah salah satu cara agar anda bisa menguasai dan berhasil seperti apa yang anda harapkan.

4. Semangat ==> Semangat sangat diperlukan dalam belajar seo apalagi untuk pemula, biasanya para pemula sudah patah semangat dulu ebelum mencoba sesuatu, itu yang menjadi masalah, pendapat saya, selama itu memang diyakini benar gada salahnya untuk dicoba, urusan resiko belakangan yang penting mencoba, karena dibalik semua itu ada proses pembelajaran yang sangat penting, okeh semangat harus tetap membara jangan takut apalagi putus asa.

5. Sabar ==>Sudah banyak yang membahas jika dalam belajar seo itu membutuhkan kesabaran, gada yang instan semua membutuhkan proses panjang, kita ambil contoh mas cosa dan brokencode yang notabenya adalah master seo indonesia, mereka tidak serta merta menguasai tekhnik seo, mereka dulu sama seperti kita pemula yang sedang belajar, namun mereka mampu fokus, semangat dan bersabar dalam mempelajari teknik seo, mereka juga pasti pernah melakukan kesalahan, kita ini manusia tempatnya salah dan dosa jadi bulsit jika ada yang bilang tidak pernah melakukan kesalahan, sabar adalah intinya, saya ambil contoh mencari backlink, apakah bisa dengan instan langsung terditeksi sebagai backlink oleh google? jadi kita harus bersabar dalam belajar seo, ga perlu terburu-buru alon-alon asal kelakon.
Saya tidak mau mengambil kesimpulan dari beberapa cara saya belajar seo tersebut, anda sendirilah yang bisa menyimpulkannya, karena kesimpulan yang datangnya dari masing-maing individu itu lebih baik, dan pasti sebelum mengambil kesimpulan individu tersebut, anda melakukan analisa terlebih dahulu ke artikel saya ini, so anda sudah mulai menggunakan cara yang sama seperti saya ketika belajar seo.
Okeh selamat mencoba ya...!!!

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. yah benar sekali harus sabar bro, btw saya masih belajar juga nih untuk seo. mungkin kita bisa berbagi ilmu.

    trims
    http://panduansearchengine.blogspot.com

    BalasHapus

Alhamdulillah akhirnya masih ada para blogger2 mahir yang mampir di blog acak kadut gue yang kebanyakan hasil copy paste doank. Senang sekali jika ada yang kasih koment entah saran, kritikan, pujian ato hinaan juga akan gue jadiin pelajaran buat penyempurnaan ini blog... Hatur Nuhun...!!!